Saturday, August 14, 2010

Salahsatu Rahasia Berpuasa

" Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, " (QS. Al-Baqarah[2]: 183).

"(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari- hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS. Al-Baqarah[2]: 184).

Dua ayat di atas menggambarkan tentang kewajiban puasa dan manfaatnya. Selain dimaksudkan agar menjadikan manusia yang berpuasa meningkatkan taqwa, juga memberikan manfaat di luar itu, yakni meningkatkan kesehatan. Setidaknya kita juga mendapati hadits yang menyatakan ’shûmû tashihhû’ - atau "Berpuasalah, niscaya kalian akan sehat!"

Sesungguhnya puasa, setelah melalui berbagai penelitian ilmiah terhadap organ tubuh manusia dan aktivitas fisiologisnya, diyakini sebagai hal yang sangat baik untuk dilakukan oleh manusia sehingga tubuhnya dapat melanjutkan aktivitas kehidupan secara baik. Dan puasa benar-benar sangat penting dan dibutuhkan bagi kesehatan manusia sebagaimana manusia membutuhkan makan, bernafas, bergerak, tidur, dlsb.

Jika manusia tidak dapat tidur misalnya, bila terjadi dalam rentang waktu yang lama maka ia akan jatuh sakit. Demikian pula tubuh manusia. Ia akan mengalami hal yang buruk jika tidak berpuasa.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Nasaa'i dari shahabat Abu Umamah dikatakan: "Wahai Rasulullah, perintahkanlah kepadaku satu amalan yang Allah akan memberikan manfaat-Nya kepadaku dengan sebab amalan itu". Maka Rasulullah bersabda, "Berpuasalah, sebab tidak ada satu amalan pun yang setara dengan puasa".

Alasan pentingnya puasa bagi tubuh kita adalah karena puasa dapat membantu tubuh membuang sel-sel yang rusak, sekaligus juga sel-sel atau hormon, atau zat-zat lain yang melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan puasa, sebagaimana dituntunkan oleh Islam dilakukan selama lebih kurang 14 jam, setelah mana baru kemudian makan untuk durasi waktu yang hanya beberapa jam saja.

Ini adalah metode yang baik untuk sistem pembuangan sel-sel atau hormon yang rusak dan membangun kembali kesehatan tubuh dengan dukungan sel-sel baru. Ini sangat berbeda dengan apa yang difahami kebanyakan orang, bahwa puasa menyebabkan tubuh menjadi lemah dan lesu.

Puasa yang baik bagi tubuh itu adalah dengan syarat dilakukan selama satu bulan penuh dalam setahun, dan bisa ditambahkan 3 hari setiap bulan. hal ini sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW dalam sebuah haditsnya: "Barangsiapa yang berpuasa tiga hari setiap bulan, maka itu sama dengan puasa dahr (puasa sepanjang tahun)."

Jika pesan Rasuullah SAW ini dianalisis dengan menggunakan matematika Al-Qurkan, kita akan menemukan relefansinya dengan firman Allah SWT yakni: "Barangsiapa yang beramal dengan satu perbuatan baik, maka Allah memberikan kepadanya 10 kali lipat dari amalan itu." (QS. Al-An’âm[165]: 160).

Ini berarti, 1 hari puasa kita dihargai oleh Allah SWT sebanyak 10 hari. Maka 3 hari amalan ini dihargai 30 hari. Dan bila kita berpuasa 3 hari pada tiap-tiap bulan, maka nilainya akan sama dengan 36 hari, atau setara dengan 360 hari, atau sama dengan 1 tahun penuh dalam penghargaan Allah.

Karenanya, berpuasa dengan niat dan tujuan untuk meningkatkan kualitas ketaqwaan yang bersifat kosmis, pada hakekatnya juga merupakan peningkatan kualitas kesehatan fisik kita. Manfaat puasa satu bulan penuh itu ternyata bagaikan dua mata koin yang sangat bernilai bagi kehidupan kita tidak saja di dunia, akan tetapi juga di akhirat!
Wallahualam Bissawab.


0 comments:

Post a Comment



Jika anda memiliki akun di facebook, silahkan klik tombol FOLLOW THIS NETWORK di atas, atau klik di sini. Jika diminta, loginlah seperti biasa. Lalu klik tombol FOLLOW. Tunggu beberapa saat sampai notifikasi kofirmasi muncul, saat mana anda dapat segera logout. Satu klik dari anda sangat berarti bagi blog ini. Atas semua sumbangsih yang telah diberikan, tidak lupa kami ucapkan terima kasih yang sebesarnya



KLIK DI SINI UNTUK MELIHAT DAFTAR SELURUH ARSIP