Tuesday, March 2, 2010

Tengku Puteh Tippi

Tengku Puteh Tippi, demikian ia lebih dikenal di dunia maya adalah putra asli Riau Lingga dengan gelar Raja Azlan Raja Abbas yang kini menetap di kota Shah Alam, Malaysia.

Di sela-sela kesibukannya sebagai Technical Director - Principal Consultant di sebuah perusahaan konsultan Teknologi Informatika berlabel SOA (Service Oriented Alliance) yang berkedudukan di Selangor, Darul Ehsan, Malaysia, ia juga banyak menulis tentang berbagai aspek kebudayaan Melayu seperti yang dapat kita temui di jejaring sosial facebook, misalnya.

Sejalan dengan orientasi spiritualnya yang banyak dipengaruhi oleh ajaran sufi Naqshabandiyah, maka tulisan-tulisan Tengku Puteh pun banyak menyentuh aspek moral Islami yang memang pada dasarnya adalah "ruh" dari budaya Melayu itu sendiri.

Tidak banyak "Putra Melayu" yang menaruh perhatian besar pada upaya penggalian sekaligus pelestarian budaya Melayu yang dapat kita temui jaman sekarang ini, dan dari yang sedikit itu Tengku Puteh Tippi termasuk salahsatunya.

Sosok religius yang juga penggemar musik cadas sekeras musik Led Zepplin, Metallica, dan DIO ini secara spesifik mendeklarasikan dirinya sebagai seorang peneliti Sejarah Melayu independen seperti yang ditulisnya pada salahsatu profil di internet social network;
"Mein Interesse ist Forschung auf malaysischer Geschichte"

Dalam situs Serambi Melayu ini, tulisan-tulisan Tengku Puteh Tippi tersebar pada label; asal-usul, adat, budaya, dan juga sejarah.

0 comments:

Post a Comment



Jika anda memiliki akun di facebook, silahkan klik tombol FOLLOW THIS NETWORK di atas, atau klik di sini. Jika diminta, loginlah seperti biasa. Lalu klik tombol FOLLOW. Tunggu beberapa saat sampai notifikasi kofirmasi muncul, saat mana anda dapat segera logout. Satu klik dari anda sangat berarti bagi blog ini. Atas semua sumbangsih yang telah diberikan, tidak lupa kami ucapkan terima kasih yang sebesarnya



KLIK DI SINI UNTUK MELIHAT DAFTAR SELURUH ARSIP